29 Des 2012

Gak punya kuku.


Kata-kata “aku gak punya kuku” sering kali kita dengar, apalagi ketika kita minta bantuannya untuk membuka bungkus plastik dengan kuku atau mungkin mengupaskan salak dengan kuku. Tapi kalau dipikir-pikir, sebenarnya kukunya masih ada, dan masih nancep di jari. Lalu apa yang dimaksud “gak punya kuku”?
Daaan, sejatinya… gak punya kuku it’s mean kita nggak punya kuku –yang cukup panjang- untuk melalukan hal-hal seperti membuka bungkus plastic atau mengupas buah salak. Bukan benar-benar tidak punya kuku dan jarinya menganga terbuka. Hi ngeri dong!
Kalimat ini nyaris sama dengan kalimat “mati lampu”. Tiap kali listrik padam, kita sudah terbiasa menggunakan kalimat “mati lampu woi mati lampu… wah… mana lagi asik main PS lagi, dst”. Padahal kan yang mati listriknya, dan siang bolong kamu lagi gak butuh lampu, yang kamu butuhin mungkin PS, tapi kenapa kita terbiasa mengucap kalimat “mati lampu” ya? Heheh ternyata dalam keseharian, kita belum menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. *peace untuk dosen bahasa Indonesia*.
So, selain belajar grammar atau tata bahasa inggris sampai mati-matian, rupanya kita juga harus mempelajari tata bahasa ibu kita ini deh. Jangan sampai bahasa Indonesia terlupakan ke-eksis-an nya! Setuju? :D/hamidah 28des2012

6 komentar:

  1. Nambahin contoh lagi mungkin,
    mananak nasi : harusnya menanak beras biar jadi nasi.
    Memang unik.

    BalasHapus
  2. haha iya tuh bener banget!
    menanak beras ya, bener bener

    BalasHapus
  3. hehehee,, analis juga yah mbakk...

    Tambah lagi: Rumah Sakit..
    emang ada rumah yang sakit yah?? wkwkwkwwwkk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya : rumah tempat orang sakit yang ingin sembuh, mencoba bangkit dari terpuruk, menggapai hari baru nan cerah
      wah panjang jg ya, bs buat judul skripsi tuh hehe :D

      Hapus
  4. Nambahiiin! Orang juga sering nyuruh "Eh TVnya kecilin dong, gue lagi nelpon nih". Itu maksudnya volmue tv-nya yg dikecilin, bukan tv-nya hoho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo beneran bisa ngecilin tv asik tuh, magic dong :P

      Hapus

BIG BIG thanks to you :)) silahkan beri komentar dan berkunjung kembali kawan. *hamidahsemi*