31 Okt 2012

Tujuan seorang Announcer ( bagaimana menjadi penyiar radio yang baik ) PART II


Buat kamu yang pengen dan bercita-cita jadi seorang penyiar radio, pembawa acara, atau sejenisnya yang biasa kita sebut announcer, kamu musti tau dulu dong apasih tujuan seorang announcer itu dan bagaimana sih cara menjadi penyiar radio yang baik? Selama ini yang kita tahu seorang announcer mungkin hanya bertugas membawakan acara dengan sebuah tema tertentu, kemudian menghibur pendengar dengan kalimat-kalimat yang diselingi humor. Tapi tunggu dulu, ternyata ada tujuan-tujuan yang lain dan syarat-syarat lain untuk bisa menjadi announcer yang baik. Apasih itu? MarKiMak (mari kita simak)hehe
1.       To Information
Jelas sekali bahwa seorang announcer difungsikan untuk menyampaikan sebuah informasi. Lewat announcer, sebuah informasi akan dikemas dengan apik sehingga bisa lebih mudah dipahami dan diterima pendengar. Maka gunakanlah bahasa yang komunikatif seolah kita sedang berdialog dengan teman atau sahabat kita sehari-hari.
2.       To motivate
Give some tips, seorang announcer gak boleh pelit kasih saran atau quote. Maka tak jarang jika kita mendengar seorang announcer mengucapkan kalimat seperti ini “this is quote of the day, no body’s perfect in the world so keep fight and bla bla bla”. Motivasi bertujuan menciptakan kedekatan emosi antara announcer dengan pendengar. Mungkin si pendengar akan merasa mendapat dukungan dan spirit dari announcer tersebut. Hal ini sangat penting.
3.       To entertain
Yang ini juga sudah sangat jelas, bahwa seorang penyiar radio harus bisa menghibur pendengarnya, menjadikan pendengar bahagia. Kalau dalam dunia ekonomi, pembeli adalah raja, maka dalam dunia radio, pendengar adalah rajanya. Ketika pendengar mencurahkan isi hatinya yang sedang suntuk galau dan sebagainya maka seorang announcer harus bisa menghibur, bahkan announcer tersebut harus bisa seolah-olah merasakan apa yang pendengar rasakan. Mungkin ini yang biasa disebut dengan konsep berbagi rasa, jadilah seorang penyiar yang seperti pacar! Mendengarkan, memahami, setia, dan memberi solusi.
4.       To persuade
Penyiar radio juga harus mampu mempengaruhi orang untuk mengikuti apa yang ia sampaikan, poin ini masih bersangkutan dengan poin ‘to motivate’. Jangan sampai ketika seorang penyiar radio memberikan quote atau nasihat, malah mendapatkan cibiran atau bahkan sama sekali tak dihiraukan pendengar. Itu berarti usaha untuk memotivasi sudah dianggap gagal. Selain itu, to persuade disini juga sangat diperlukan ketika penyiar radio membacakan iklan. Buatlah aksentuasi yang tepat dan membuat pendengar tertarik hingga ‘terhipnotis’ dengan iklan yang kita bacakan.

Nah sekarang kita udah tau kan apa aja tujuan announcer. So, semoga nantinya kita bisa jadi seorang announcer atau penyiar radio yang baik. Have a great try:)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BIG BIG thanks to you :)) silahkan beri komentar dan berkunjung kembali kawan. *hamidahsemi*