31 Okt 2012

Siapa saja yang ikut andil dalam siaran radio? (radio part IV)


If you want to know who is behind the radio, lets watch together. 
Radio yang setiap hari berdengung-dengung dirumah atau dikamar mu itu, ternyata menyimpan banyak orang didalamnya.  Selama ini yang kita tahu hanyalah seorang penyiar radio (announcer) nya saja yang dengan setia menyapa, bercerita, dan berkicau sepanjang hari. Tapi ternyata dia tak sendirian, ada beberapa peran penting yang jika tidak ada mereka maka tidak ada juga sebuah radio berikut siarannya.
Inilah mereka:
1.       Penyiar
Tentu saja dalam sebuah radio harus ada penyiarnya bukan? Radio tanpa penyiar hanya akan memutar lagu sepanjang hari, itu juga akan sangat membosankan, bagaikan radio mati karena jika mendengarkan lagu saja itu bisa kita lakukan tanpa harus menyalakan radio .
2.       Operator/Gatekeeper
Tugasnya merekam data penelpon yang masuk dalam acara sebuah radio. Mungkin yang sering kita lihat juga di televisi ketika sebuah acara tebak berhadiah. Seorang operator bertugas mencatat data diri beserta alamat lengkap penelpon untuk mengantarkan hadiah, karena biasanya penyiar hanya akan menanyakan kota asal nya si penelpon saja.
3.       Produser
Bertugas menyiapkan skrip siaran, agar penyiar bicara sesuai dengan tema acara. Mungkin untuk penyiar yang sudah terbiasa tanpa skrip, produser hanya akan menyiapkan garis besar dari tema yang akan dibahas atau bisa disebut kerangka.
4.       Pendengar
Nah, radio tanpa pendengar namanya radio apa? Radio luar angkasa kali ya? :P
Jelas, sebuah radio harus ada pendengarnya. Jika ada radio tanpa seorang pendengar pun, maka disarankan radio itu tutup saja hehe peace.
5.        Music director
Bertugas memilihkan lagu yang pantas diputar diradio itu. Misalnya dalam sebuah radio ibu-ibu rumah tangga, music director tidak akan mungkin memasukkan lagu hardcore atau underground dalam list lagu radio tersebut.
6.       Production
Membuat spot Iklan.

Setelah kita tau siapa saja dibalik radio, semoga wawasan kita lebih bertambah dan bisa menjadi penyiar radio yang baik nantinya. Have a great try :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BIG BIG thanks to you :)) silahkan beri komentar dan berkunjung kembali kawan. *hamidahsemi*