31 Okt 2012

Opening Skrip – menjadi penyiar radio yang baik (part V)


Pada tau dong apa itu opening skrip. Yes, opening skrip adalah skrip atau naskah yang dibuat untuk pembukaan sebuah acara dalam radio. Intinya: YOU SHOULD WRITE THE WAY YOU TALK. Skrip bertujuan untuk member batasan kepada penyiar agar bicara dalam konteks acara yang dibawakan dan gak ngelantur kemana-mana. Karena biasanya, ketika sudah berada di depan mike dan mengudara, penyiar yang mayoritas suka cuap-cuap akan kehilangan control dan kendali dalam berbicara. Dia akan membicarakan apa saja yang dirasa enak diperbincangkan, nah lho, jadinya bisa belepotan kan kalo udah kehabisan kosa kata.
So MarKiMak (mari kita simak) apa aja poin dalam opening skrip:
1.       Beri tahu apa frekuensi radio mu
2.       Sebutkan nama radio
3.       Sebutkan Tag Line
4.       Jangan lupa sebutkan juga timing nya (hari, tanggal, jam)
5.       Sebutkan nama siarannya/nama program mu
6.       Kasih clue content (apa tema yang akan kita bahas selama siaran ini)
7.       Reminder (ingatkan pendengar untuk tidak ganti frekuensi radio)
Untuk tanda baca dalam sebuah skrip siaran adalah:
1.       /              = one slash untuk tanda KOMA
2.       //            = double  slash untuk tanda TITIK
3.       ///          = triple slash untuk tanda BERHENTI TOTAL
Berikut adalah contoh opening skrip beserta tanda baca nya:

99.9 FM/ The Real entertainment Radio// So welcome to the jungle of joy niners/ barengan Hami yang bakal nemenin niners semua selama dua jam kedepan// tentunya di hari ini /Minggu 31 Desember 2012//
Nah/ngomong-ngomong Sunday morning kayak gini pasti asik banget kalo olahraga kan/ menyegarkan tubuh dan melenturkan syaraf-syaraf yang tegang lah/setelah beraktifitas seminggu penuh// Sipdah/ pas banget nih/ Hami bakal kasih tips-tips olahraga ringan yang tentunya bisa menyehatkan badan kita// 
So/ jangan kemana-mana dulu/ kita kupas tuntas tema kita pagi ini/ setelah opening song yang bikin semangat kita buat berolahraga makin meledak-ledak// ini dia Ran with Bersepeda/ enjoy///

oiya, satu hal lagi yang perlu diingat guys, skrip siaran itu gak perlu panjang-panjang lho. karena guruku pernah bilang sih, siaran radio yang bagus itu penyiar ngomong maksimal 1 menit aja, banyak-banyakin lagunya dah. so, pendek yang penting berisi-berbobot-dan interest kan lebih baik daripada panjang-gak jelas- dan bikin eneg, kan?

Nah.. Have a great try :)

5 komentar:

BIG BIG thanks to you :)) silahkan beri komentar dan berkunjung kembali kawan. *hamidahsemi*