18 Sep 2012

cemburu


Pernahkah kau mengalami perasaan ini? Mungkin pernah bagi setiap manusia yang mempunyai perasaan lebih dalam cinta, lebih dalam mengasihi, bahkan lebih dalam memiliki. Perasaan cembuuru bukan hanya ditujukan semata-mata kepada orang yang kita cinta seperti contohnya adalah kekasih, pacar, HTS-an, atau bahkan suami –bagi yang sudah menikah-, namun perasaan cemburu juga bisa tumbuh dalam sebuah persahabatan, ketika sahabat baik kita yang amat kita sayangi itu mungkin bertemu teman baru yang dia nampak lebih asyik dan connect, secara tidak langsung kita merasakan perasaan iri, mulai tersingkirkan, takut tersaingi, takut kehilangan posisi sebagai sahabat baiknya, dan ketakutan-ketakutan lain yang tiba-tiba muncul dan itu sebenarnya tanpa dasar atau alasan yang rasional dan jelas.
Cemburu memang lebih kepada perasaan takut kehilangan dan iri yang berlebih. Ketika cemburu sudah menyergap masuk kedalam hati dan pikiran seseorang maka semua akan terasa negatif. Segala pikiran, perasaan bahkan tingkah laku kita pun akan berdampak menjadi negatif dan serba salah.
Maka menurut saya, tidaklah berlebihan jika grup band PADI menyanyikan sebuah lagu seperti ini ”aku terbakar cemburu, cemburu buta”
Cemburu itu memang membakar, membakar perasaan dan itu teramat sakit. Entah darimana muncul rasa sakit itu, seolah tiba-tiba menikam, menjadikan kita nol dihadapan orang yang kita sayangi dan cintai.
Bayangkan ketika ibumu tercinta tiap hari hanya rajin memuji-muji saudara kembarmu yang kini diterima di universitas negeri terkemuka di luar negeri dengan jalur beasiswa total selama masa studi, sedangkan kamu hanya masuk di universitas swasta yang baru berdiri 3 bulan lalu dengan murid  tidak lebih dari 60 orang dan baru membuka 2 jurusan!!!! Apakah yang ada dihatimu melihat orang yang bermuka sama persis seperti mu tapi nasibnya bak bumi dan langit? Getir, sakit, perih, pedih, dan semua itu menyatu jadi satu diringkas dan dimasukkan botol kemudian di lemparkan tepat ke ulu hatimu sehingga singkatnya disebut cemburu. Oh ternyata, cemburu adalah sekumpulan perasaan galau dan pahit pahit yang diramu jadi satu.
Satu lagi sebuah contoh getir yang pasti akan membuatmu langsung meringkuk menutupi mata dengan bantal atau apapun yang ada disampingmu. Bagi anak muda, cemburu lebih sering muncul diantara perasaan cinta pada pacar.
Cemburu yang membabi buta pada orang yang kita cintai, yang beberapa bulan lalu saat PDKT tak pernah lelah mengirimkan sms atau bbm. Menanyakan kabar, membangunkan pagi, mengingatkan makan, minum, ibadah, mandi, sampe BAB, ampun deh ibaratnya gak ada satu scene pun dalam jengkal hidup kita yang gak terlewatkan oleh sms demi sms atau bbm demi bbm dari dia, mulai pagi buta membuka mata dengan semangat sampai larut malam menuju bantal dengan mata kuyu. Namun kenapa mendadak keadaan berbalik total saat si gadis sudah mengiyakan hubungan HTS-an itu menjadi pacaran, si cowok yang sudah mulai berkomunitas baru di dunia kuliah atau dunia kerja mendadak cuek bebek, boro-boro tanya masalah makan atau minum, jangka ketemuan pun diperpanjang menjadi 15-20 hari dengan alasan sibuk, capek, lagi ke party temen dan lain sebagainya. Entah karena rasa ingin memilikinya yang dulu ada sudah terkabulkan maka dia menjadi seperti itu, atau malah karena faktor perempuan lain di lingkungan barunya?
Menjadi wanita dalam posisi ini akan sangat berat dan galau, perasaan cemas yang berlebihan tak mungkin bisa dibendung. Perasaan negatif seperti takut di duakan, takut disaingi wanita lain, takut dan takut takut lainnya terus menusuk-nusuk. Pasalnya wanita seperti ini sudah kepalang basah, mau jual mahal seperti saat PDKT dulu udah gak jaman toh itu sudah pacarmu, mau cuek jelas gak mungkin, mau berlebihan memantau dan posesif pun akhirnya jadi keinget dulu masa PDKT pas si cewek sok ogah-ogahan karena emang belum ada feel.
Memang perlu diketahui oleh semua lelaki, wanita itu sedikit ribet dalam hal perasaan. Kebanyakan wanita susah merubah-rubah perasaan. Susah untuk move on ketika baru putus, dan susah juga untuk berpaling ketika memang sudah pacaran.
Lantas bagaimana kah cara mengatasi perasaan yang rupa-rupanya memiliki level lebih tinggi daripada perasaan galau ini?
Pertama, ketika kita cemburu dalam konteks sebagai teman: berusahalah dulu menjadi orang yang baik maka kau akan menemukan sahabat yang baik juga. Dan seorang sahabat yang baik tidak akan serta merta dengan mudah meninggalkan sahabat sejatinya hanya karena menemukan teman yang lebih asyik, lebih gaul dan lebih trendy dengan kendaraan pribadi nya.
Kedua, ketika cemburu itu muncul saat kamu dalam posisi seorang anak yang merasa ternomor duakan. Kembalilah berfikir jernih, mungkin orangtuamu tidak sejahat yang kamu kira, dia hanya sedang membahagiakan dan memberi apresiasi kepada saudara yang lebih berhasil. Justru orangtuamu seperti itu karena mencoba bersikap adil. Adil itu bukan membagi sebuah roti sama rata, makna adil disini adalah membagi sebuah roti sesuai dengan porsinya. Bayangkan jika anak yang bertubuh gemuk diberi roti yang sama ukurannya dengan yang bertubuh kurus, maka yang terjadi si gemuk masih lapar dan jatuh sakit kemudian si kurus akan kekenyangan dan muntah.
Ketiga, jika cemburu itu muncul kepada pacar. Nah ini dia yang susah, kalo sudah cemburu sama pacar, gak bakalan ada yang bener. Semuanya salah dan serba salah. Coba berpikir jernih juga untuk hal yang satu ini. Kamu adalah manusia, dia adalah manusia, kalian berdua sama-sama manusia biasa. Kamu diciptakan oleh Tuhan diapun juga, yang akhirnya akan kembali juga pada penciptanya. Kalo kamu memang amat mencintainya namun dia berkhianat dan dusta, biarkan Tuhan yang membalas semua nya hahahhahaha bukan sebuah solusi yang baik tapi setidaknya ini sebuah reaksi pasrah dari wanita yang diduakan cinta sucinya!
So, inti dari semua solusi diatas adalah “positive thinking”, berpikir positif dan berpikir jernih. Karena siapa tahu anggapan buruk mu itu salah, dan kalo ternyata anggapan burukmu itu benar, setidaknya kamu masih pernah beranggapan baikJ

Hamidah
12 september 2012
-karena khawatir itu bkn cemburu-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BIG BIG thanks to you :)) silahkan beri komentar dan berkunjung kembali kawan. *hamidahsemi*