27 Sep 2012

Empat tipe rumah di Indonesia


Ada 4 tipe rumah di Indonesia saat jam 5 pagi: 
  1. pintu terbuka dan lampu menyala = sang empunya baru pulang dari masjid melaksanakan sholat subuh berjamaah.
  2. pintu tertutup dan lampu menyala = sang empunya sudah sibuk mempersiapkan diri akan berangkat kerja (yang ini benar-benar patuh dengan slogan ”berangkat pagi biar rejeki gak dipatok ayam” hehe)
  3. pintu terbuka dan lampu mati = kemungkinan si punya rumah masih tidur sebab semalam begadang atau ronda dan lupa menutup pintu. 
  4. pintu tertutup dan lampu mati = karena si tuan rumah masih tidur dan kemungkinan kegiatan bermimpi itu akan berlangsung hingga matahari berhasil membentuk bayang-bayang sempurna tegak lurus. (aww..)

hamidah - sesaat ketika aku melamun di buskota pagi-pagi buta.

virus GANGNAM STYLE

siapa hayo siapa elu elu pada yang gak tau gangnam. jadul ah! ups sori.
hehe aku sih awalnya juga gak tau men, semua kan berawal dari nol ya kan.
pertama kali aku liat sih di sebuah acara musik di ANTV, Klik itu lho.
yes, pengen tau gak sih all about lagu ini,

1. Siapakah PSY?
PSY singkatan dari Park Jae Sang. PSY terlahir pada 31 Desember 1977. Artis yang berada di bawah naungan agensi YG Entertainment ini merupakan senior dari boyband Big Bang dan girlband 2NE1.

PSY ini memulai debutnya di dunia musik pada tahun 2001 dengan album PSY....From the Psycho World. Lima bulan kemudian album itu ditarik dari peredaran karena dianggap memberikan dampak buruk bagi generasi muda. Bahkan album keduanya, Ssa 2 yang dirilis di tahun 2002 juga dilarang beredar.

Penyanyi yang dijuluki Bizarre Singer ini memulai kesuksesan pada September 2002 dengan album ketiga dan lagu utama Champion. Namun baru-baru ini lirik lagu Champion dianggap bermasalah karena menyebutkan istilah Niga. Niga sendiri dalam bahasa Korea berarti kamu, namun dalam tata bahasa Inggris global Niga yang juga disebut Nigga adalah julukan rasis untuk kaum Afrika-Amerika.

2. Apakah Gangnam Itu?
Gangnam adalah kawasan yang terletak di bagian selatan sungai Han di Seoul, dengan bagian utara sungai itu bernama Gangbuk. Gangbuk awalnya menjadi jantung kota Seoul sampai akhirnya Gangnam mulai dikembangkan di tahun 1970an.

Ketika kawasan Gangbuk menjadi pusat kawasan yang dihormati terutama menjadi tempat tinggal Dinasti Joseon dan presiden Korea Selatan sekaligus pusat ekonomi, Gangnam mulai berubah setelah kawasan ini didesain ulang menjadi daerah komersial dan dibangun infrastruktur transportasi moder di tahun 1970-an.
Distrik Gangnam sendiri dibagi menjadi 22 kawasan. Di antaranya adalah kawasan yang akhirnya menjadi daerah mewah dan berkelas seperti Apgujeong, Cheongdam, Yeoksam, Samseon, dan Nonhyeon.

3. Gangnam Dulu dan Sekarang
Proses pengembangan kawasan Gangnam mulai semakin pesat di tahun 80an dan menyebabkan masalah yang mengakibatkan harga tanah menanjak lantaran spekulasi real esrare. Bahkan beberapa sekolah prestisius di kawasan Gangbuk berpindah ke Gangnam. Area bernama Distrik Sekolah Gangnam 8 akhirnya menjadi kawasan sekolah paling berkualitas di Korea Selatan.

Gangnam semakin dikenal dengan kehidupan kelas atas dan dunia malamnya yang gemerlap. Gangnam kini diisi oleh pusat perbelanjaan mewah, restoran, dan nama-nama agensi entertainment raksasa K-Pop seperti SM Entertainment dan JYP Entertainment. Gangnam bahkan mendapat julukan sebagai Beverly Hills-nya orang Korea.

Perkembangan tak merata antara Gangnam dan Gangbuk membuat jurang perekenomian masyarakat yang begitu dalam. Selama 4 dekade terakhir, Gangnam telah menjadi ikon untuk orang-orang kalangan jetset di Korea yang mewakiliki kehidupan mewah kaum borjuis di Korea Selatan.

4.Arti Lagu Gangnam Style
Lagu Gangnam Style memang menceritakan kehidupan masyarakat kelas atas distrik Gangnam, sekaligus sebuah sindiran yang bersifat parodikal.

"A girl who looks quiet but plays when she plays
A girl who puts her hair down when the right time comes
A girl who covers herself but is more sexy than a girl who bares it all
A sensable girl like that"

"I’m a guy
A guy who seems calm but plays when he plays
A guy who goes completely crazy when the right time comes
A guy who has bulging ideas rather than muscles
That kind of guy"

Bait pertama lirik itu bisa berarti seorang gadis yang terlihat tenang tapi mampu diandalkan. Seorang gadis yang tak perlu berpakaian mini tapi justru lerlihat sangat seksi. Sementara di bait kedua, diceritakan bahwa PSY adalah seorang pria yang tenang namun bisa diandalkan dengan ide-ide cemerlangnya, di mana kepintarannya lebih besar daripada otot six pack di tubuhnya.

Sementara lirik populer 'Oppa Gangnam Style' bisa berarti bahwa 'saya bergaya hidup Gangnam'. Oppa sendiri dalam bahasa Korea berarti sebutan dari perempuan untuk saudara laki-laki yang lebih tua. Tapi Oppa juga bisa berarti kata ganti pertama.

Sindiran ini menjurus kepada masyarakat gangnam yang lebih mengutamakan kekayaan, ketampanan, kecantikan, bentuk tubuh yang sempurna daripada sifat, sikap, dan pengetahuannya.

5.Arti Music Video Gangnam Style
PSY menyebutkan bahwa dirinya memilih konsep MV Gangnam Style dengan 'dress classy dance cheesy'. Sehingga dalam MV itu PSY tampil dengan baju parlente ala masyarakat kelas atas.

Sama seperti lirik, MV juga menyinggung kehidupan penduduk Gangnam yang berkelas dan seringkali menghabiskan waktu di tempat-tempat yang mahal. Ada sekumpulan orang tua jutawan yang mudah marah dan tersinggung karena hal sepele, maupun gadis-gadis seksi dan pria dengan pesona fisik memukau yang gaya hidupnya begitu borjuis atau juga pria-pria dewasa hidung belang yang merupakan pengusaha sukses tapi gemar menghabiskan waktu dengan banyak wanita dan pesta.

Pro kontra bermunculan pada video clips ini Adrian Hong, seorang konsultan Korea-Amerika menjelaskan bahwa MV itu juga menyinggung penggunaaan kartu kredit yang tinggi di kalangan orang dewasa. Disebutkan mereka memiliki sampai 5 macam kartu kredit per orang semenjak pertengahan tahun 1990.
Namun Hong juga menambahkan bahwa alur cerita MV hanya khayalan PSY semata. Di mana dirinya berharap menjadi seorang masyarakat Gangnam, tapi nyatanya dia hanya seorang pengkhayal.

6. Arti 'Tarian Kuda' Gangnam Style
Tarian kuda yang menjadi ciri khas lagu itu. Tapi dari mana sebenarnya julukan tarian kuda itu berasal?

Seperti yang banyak diketahui dalam drama Korea, terkadang ketika sebuah karakter diceratakan merupakan tokoh yang kaya raya, salah satu kegiatan yang seringkali mereka lakukan adalah berkuda.

Sama dengan apa yang ada dalam cerita drama Korea, konon pemuda di kawasan Gangnam kerap kali menunjukan kehidupan borjuis mereka dengan berkuda. Sehingga jika PSY memilih tarian kuda dengan lagu Gangnam Style, maka keterkaitan itu terasa lebih cocok. Bagaimana menurut kalian?

7. Raihan Popularitas Gangnam Style
Gangnam Style pertama kali dirilis pada 15 Juli 2012. Awalnya lagu ini hanyalah dianggap sebagai lagu baru comeback .

Lagu ini mulai populer melalui kalangan pengguna jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter yang mengakibatkan pengguna di luar Korea menjadi penasaran dan tertarik. Sehingga efek bola salju itu sampai di kalangan artis Amerika Serikat.

Di awal Agustus, lagu ini menjadi fenomena global ketika media internasional mulai membicarakannya. 4 Agustus, Los Angeles Times menulis mengenai Gangnam Style. Pada minggu terakhir Agustus, Billboard Magazine melaporkan bahwa PSY berhasil ada di posisi teratas Billboard Social 50 dengan mengalahkan Taylor Swift.

Setelah itu, popularitas Gangnam Style semakin tak terbendung. Gangnam Style menjadi lagu K-Pop pertama sepanjang sejarah yang berhasil meraih viewers MV di atas 150 juta kali di Youtube.

sumber: http://postingbebo.blogspot.com/2012/09/sejarah-gangnam-style.html

Ya nanti


Ya nanti jika aku telah menjelma ibu muda aku baru merawat diri.
Ya nanti, kalau suamiku kaya aku bisa mand susu, memutihkan tubuh layaknya gadis kota, menghentikan rutinitas sehari-hari mandi air sumur keruh yang bau amis.
Biar sekarang terik matahari menggigit sekujur kulit ini, menyulap menjadi hitam kusam.
Menjadikan para pria bergidik ”ih gadis sawah, ih gadis buruh”
Aku tak ada waktu merawat diri, sedang perut saja belum tentu terisi tiap hari.

Kalau presidenku sudah ganti, dan dia turun dari Arsy kemudian sempat berdialog dengan Tuhan memintakan kemakmuran diseluruh pelosok negeri.
Pasti tak ada lagi kisah tentang nasi aking yang tumpah di pematang sawah.
Akan habis sudah penderitaan dibalik capil ayam yang menemani kami ”bermain” diatas lumpur, berkubang bersama kebo-kebo hitam yang lebih dari sekedar kusam.
Ya nanti,
Jikalau malaikat turun ke bumi, meniupkan pesan dari Tuhan dan menjelmakan SMP kami menjadi sekolah layak disebut sekolah, tempat pendidikan.
Dengan guru-guru yang sabar mau berjibaku disini bersama anak pelosok tanpa sepatu dan tanpa seragam. Dengan guru-guru pandai yang mau ikut tenggelam dalam ironi anak desa negeri indonesia.
Ya... nanti.
Ya itu masih nanti.
Ya nanti Ya Tuhan, beratnya sebuah penantian.

26 september 2012

21 Sep 2012

patah hati gak yaaa? gak deeeeh

berkelas dikit dong, kita *jaimituperlu*
ngapain sih nge-share berita buruk?
simpen aja sendiri.
toh belum tentu orang yang kamu ceritain itu ikutan nangis.
kalopun dia ikutan nangis, belum tentu juga tangisannya itu riil air mata
siapa tau dibalik tangis itu ada seringai bahagia dan gelak tawa membahana.
so, jangan mudah percaya sama orang lain.
keep in trust with your self.
BERDIKARI gitu deh bahasa gaulnya,
kalo mau nangis, mending menurutku pilih deh adegan lebay yang lari ke kamar mandi gitu
terus mengharu biru dan misek-misek disamping toilet.
loh, jangan anggap itu kampungan lho men,
justru nangis di wc itu bagiku jauh lebih berkelas ketimbang kamu nangis didepan cowok yang ninggalin kamu,
terus teriak-teriak minta balikan atau gak terima di duakan.
udahlah, jaim itu diciptakan karena pasti bakal dibutuhkan.
jangan dong, sayang kalo gadis secantik kita musti ngemis cinta.
idihhhhh this is 2012 men... masih jaman apa?
terus gue musti salto sambil bilang waw gitoooh?
bahkan aku sudah tak bisa meneteskan air mata.
bahkan aku sudah mulai terbiasa dengan keadaan seperti ini.
tersakiti, dikhianati, dan ternyata untuk kesekian kalinya dibodohi.
untuk apa aku jatuh cinta dan lagi lagi dan lagi membuka hati jika akhirnya lagi lagi lagi dan lagi aku hanya akan menerima tamparan istimewa dari pembodohan cinta!

18 Sep 2012

Someday, every girl will find her prince charming.
”Kau harus percaya dengan kata-kata diatas.” lelaki itu menepukkan tangan di bahu kekasihnya.
”Bagaimana bisa aku mempercayai itu, jika lelaki yang kucinta saja pergi meninggalkanku?” gadis itu mulai terisak.
”Aku tidak meninggalkanmu, aku masih disini.”
”Tidak sekarang, tapi sebentar lagi. iya kan?”
”...” tak ada jawaban dari lelaki itu, dia terdiam dan tak lama kemudian merundukkan kepalanya. Entah menyembunyikan haru, atau malah menyembunyikan senyum bahagia karena sang gadis sudah bisa menerka kepergiannya.
Sampai beberapa menit berlalu, mereka berdua hanya bungkam dalam diam kemudian saling mengangkat dagu, pandangan mereka bertemu kembali, sebelum akhirnya mereka berdua harus kehilangan bayangan satu sama lainnya kala senja ikut menutup perpisahan haru itu.
Tak ada yang berbeda, antara wanita dan pria ketika mereka berpisah. Mungkin mereka sama-sama kehilangan, mungkin mereka sama-sama sendiri.
Namun seorang lelaki akan lebih memilih mengungkapkan lagu my chemical romance- i dont love you, untuk menghapus bayang kekasihnya. Sedangkan seorang wanita, akan memilih lagu adele-someone like you.
Lelaki akan lebih memilih untuk menghapus, sedang wanita akan lebih memilih untuk mengenang semuanya. Itulah sebabnya kenapa wanita sulit sekali melepaskan cintanya, dan sulit sekali mendapatkan pengganti L

ketentraman hati

Saat kau merasa jengah yang memuncak. bosan dengan kehidupan, bosan dengan drama yang hanya berlatar sekolah, kampus, dan rumah! saat kau muak dan hendak muntah dengan semua tugas tugas yang seolah menenggelamkanmu dalam lautan nanah yang menjijikkan. Saat kau juga merasa bahwa kau sendirian didunia ini. Saat kau butuh pundak untuk sejenak menyandarkan kepala yang terasa berat. Saat kau butuh pundak untuk sebentar menumpahkan lelah dan air matamu. Saat kau butuh ketentraman dan kedamaian. Saat kau butuh menatap luas yang tanpa batas, saat kau tak ingin melulu menatap buku ukuran folio yang sesak dijejali abjad dan angka-angka sialan. Saat-saat kau ingin berhenti dari schedule yang awalnya sudah tertata rapi. Saat kau ingin menelan pil pusing ratusan biji untuk mengakhiri kepenatan yang melaut. Saat kau ingin melempar semua orang yang ada didepan matamu sampai angkasa. Saat kau muak dengan celotehan-celotehan gadis sok manis, atau kalimat-kalimat sombong para pria yang sibuk dengan kekayaan bapak kakek nenek atau tetangganya itu. kau ingin menghiasi mulut mereka dengan ikatan mati tali rafia, agar berhenti mereka bicarakan kekayaan kekayaan yang tidak jelas punya siapa, agar mereka segera bungkam memamerkan motor puluhan juta mereka yang membuat mata para gadis ayam kampus itu berdarah darah. Bangsat! Kepalsuan hidup terus menelanmu. Belum lagi dosen sialan yang sudah bau tanah. Semua tugas disalahkan, bahkan ujung-ujungnya ketika melihat namamu dia malah mencoret dengan tinta merah pada lembaran yang lima hari lima malam membuatmu begadang! Bayangkan apa yang ingin kau lakukan? Menjambaknya langsung didepan kelas atau segera lari menuju dukun untuk menusuk semua orang sialan yang ada didunia ini dengan jarum penyiksaan?
Jika kejenuhan sudah menguasai hatimu. Tundukkan kepala sejenak, ucapkan ”Tuhan...aku butuhkan Dirimu, aku butuh ketenangan. Naungilah aku dalam tentram kuasaMu.” maka jika Tuhan masih bersedia mendengar harapanmu, Ia akan merengkuhmu masuk dalam pelukan ketentramanNya.
Tiada yang lebih penting dalam kehidupan fana ini, kecuali ketentraman hati.


cemburu


Pernahkah kau mengalami perasaan ini? Mungkin pernah bagi setiap manusia yang mempunyai perasaan lebih dalam cinta, lebih dalam mengasihi, bahkan lebih dalam memiliki. Perasaan cembuuru bukan hanya ditujukan semata-mata kepada orang yang kita cinta seperti contohnya adalah kekasih, pacar, HTS-an, atau bahkan suami –bagi yang sudah menikah-, namun perasaan cemburu juga bisa tumbuh dalam sebuah persahabatan, ketika sahabat baik kita yang amat kita sayangi itu mungkin bertemu teman baru yang dia nampak lebih asyik dan connect, secara tidak langsung kita merasakan perasaan iri, mulai tersingkirkan, takut tersaingi, takut kehilangan posisi sebagai sahabat baiknya, dan ketakutan-ketakutan lain yang tiba-tiba muncul dan itu sebenarnya tanpa dasar atau alasan yang rasional dan jelas.
Cemburu memang lebih kepada perasaan takut kehilangan dan iri yang berlebih. Ketika cemburu sudah menyergap masuk kedalam hati dan pikiran seseorang maka semua akan terasa negatif. Segala pikiran, perasaan bahkan tingkah laku kita pun akan berdampak menjadi negatif dan serba salah.
Maka menurut saya, tidaklah berlebihan jika grup band PADI menyanyikan sebuah lagu seperti ini ”aku terbakar cemburu, cemburu buta”
Cemburu itu memang membakar, membakar perasaan dan itu teramat sakit. Entah darimana muncul rasa sakit itu, seolah tiba-tiba menikam, menjadikan kita nol dihadapan orang yang kita sayangi dan cintai.
Bayangkan ketika ibumu tercinta tiap hari hanya rajin memuji-muji saudara kembarmu yang kini diterima di universitas negeri terkemuka di luar negeri dengan jalur beasiswa total selama masa studi, sedangkan kamu hanya masuk di universitas swasta yang baru berdiri 3 bulan lalu dengan murid  tidak lebih dari 60 orang dan baru membuka 2 jurusan!!!! Apakah yang ada dihatimu melihat orang yang bermuka sama persis seperti mu tapi nasibnya bak bumi dan langit? Getir, sakit, perih, pedih, dan semua itu menyatu jadi satu diringkas dan dimasukkan botol kemudian di lemparkan tepat ke ulu hatimu sehingga singkatnya disebut cemburu. Oh ternyata, cemburu adalah sekumpulan perasaan galau dan pahit pahit yang diramu jadi satu.
Satu lagi sebuah contoh getir yang pasti akan membuatmu langsung meringkuk menutupi mata dengan bantal atau apapun yang ada disampingmu. Bagi anak muda, cemburu lebih sering muncul diantara perasaan cinta pada pacar.
Cemburu yang membabi buta pada orang yang kita cintai, yang beberapa bulan lalu saat PDKT tak pernah lelah mengirimkan sms atau bbm. Menanyakan kabar, membangunkan pagi, mengingatkan makan, minum, ibadah, mandi, sampe BAB, ampun deh ibaratnya gak ada satu scene pun dalam jengkal hidup kita yang gak terlewatkan oleh sms demi sms atau bbm demi bbm dari dia, mulai pagi buta membuka mata dengan semangat sampai larut malam menuju bantal dengan mata kuyu. Namun kenapa mendadak keadaan berbalik total saat si gadis sudah mengiyakan hubungan HTS-an itu menjadi pacaran, si cowok yang sudah mulai berkomunitas baru di dunia kuliah atau dunia kerja mendadak cuek bebek, boro-boro tanya masalah makan atau minum, jangka ketemuan pun diperpanjang menjadi 15-20 hari dengan alasan sibuk, capek, lagi ke party temen dan lain sebagainya. Entah karena rasa ingin memilikinya yang dulu ada sudah terkabulkan maka dia menjadi seperti itu, atau malah karena faktor perempuan lain di lingkungan barunya?
Menjadi wanita dalam posisi ini akan sangat berat dan galau, perasaan cemas yang berlebihan tak mungkin bisa dibendung. Perasaan negatif seperti takut di duakan, takut disaingi wanita lain, takut dan takut takut lainnya terus menusuk-nusuk. Pasalnya wanita seperti ini sudah kepalang basah, mau jual mahal seperti saat PDKT dulu udah gak jaman toh itu sudah pacarmu, mau cuek jelas gak mungkin, mau berlebihan memantau dan posesif pun akhirnya jadi keinget dulu masa PDKT pas si cewek sok ogah-ogahan karena emang belum ada feel.
Memang perlu diketahui oleh semua lelaki, wanita itu sedikit ribet dalam hal perasaan. Kebanyakan wanita susah merubah-rubah perasaan. Susah untuk move on ketika baru putus, dan susah juga untuk berpaling ketika memang sudah pacaran.
Lantas bagaimana kah cara mengatasi perasaan yang rupa-rupanya memiliki level lebih tinggi daripada perasaan galau ini?
Pertama, ketika kita cemburu dalam konteks sebagai teman: berusahalah dulu menjadi orang yang baik maka kau akan menemukan sahabat yang baik juga. Dan seorang sahabat yang baik tidak akan serta merta dengan mudah meninggalkan sahabat sejatinya hanya karena menemukan teman yang lebih asyik, lebih gaul dan lebih trendy dengan kendaraan pribadi nya.
Kedua, ketika cemburu itu muncul saat kamu dalam posisi seorang anak yang merasa ternomor duakan. Kembalilah berfikir jernih, mungkin orangtuamu tidak sejahat yang kamu kira, dia hanya sedang membahagiakan dan memberi apresiasi kepada saudara yang lebih berhasil. Justru orangtuamu seperti itu karena mencoba bersikap adil. Adil itu bukan membagi sebuah roti sama rata, makna adil disini adalah membagi sebuah roti sesuai dengan porsinya. Bayangkan jika anak yang bertubuh gemuk diberi roti yang sama ukurannya dengan yang bertubuh kurus, maka yang terjadi si gemuk masih lapar dan jatuh sakit kemudian si kurus akan kekenyangan dan muntah.
Ketiga, jika cemburu itu muncul kepada pacar. Nah ini dia yang susah, kalo sudah cemburu sama pacar, gak bakalan ada yang bener. Semuanya salah dan serba salah. Coba berpikir jernih juga untuk hal yang satu ini. Kamu adalah manusia, dia adalah manusia, kalian berdua sama-sama manusia biasa. Kamu diciptakan oleh Tuhan diapun juga, yang akhirnya akan kembali juga pada penciptanya. Kalo kamu memang amat mencintainya namun dia berkhianat dan dusta, biarkan Tuhan yang membalas semua nya hahahhahaha bukan sebuah solusi yang baik tapi setidaknya ini sebuah reaksi pasrah dari wanita yang diduakan cinta sucinya!
So, inti dari semua solusi diatas adalah “positive thinking”, berpikir positif dan berpikir jernih. Karena siapa tahu anggapan buruk mu itu salah, dan kalo ternyata anggapan burukmu itu benar, setidaknya kamu masih pernah beranggapan baikJ

Hamidah
12 september 2012
-karena khawatir itu bkn cemburu-

14 Sep 2012

si perut buncit dan pemimpin yang cacat

aku tak sedang menertawakan ketidakberdayaan.
aku bukan menertawakan perut-perut yang membuncit kelaparan. .
aku sedang menertawakan para perut buncit kekenyangan.
merekalah pemimpin-pemimpin yang cacat.
orang cacat yang sengaja dibiarkan memimpin rakyat normal yang akhirnyapun ikut menjelma cacat karena keadaan yang menghimpit kenormalan.
pemimpin cacat itu tak punya mata,
mereka buta karena tak bisa melihat rakyatnya mengais sampah, dan berharap menemukan sebungkus roti yang terlupa dibuang oleh seorang saudagar kaya.
mereka tuli karena lupa dimana meletakkan telinga, dikantong celana ataukah disaku jasnya?
mereka tak mendengar jerit tangis rakyatnya yang kembang kempis mencari sela dari kehidupan agar tetap bisa bernafas.
mereka bisu, tak bisa bicara, terutama ketika dimintai saran dan pertanggung jawaban rakyat yang konon telah menaruh amanat dan harapan besar pada sosoknya.
merekalah pemimpin yang cacat, yang perutnya nampak sama buncit dengan rakyat, namun sesungguhnya berbeda.

hamidah 14 september 2012.
yang merasa silahkan introspeksi, yang tidak merasa, diamlah, walau perutmu sama buncitnya!

Delta,

kau adalah tempatku bermuara.
ketika kehabisan cara untuk menuju kemana,
akhirnya pun aku kepadamu.
delta,
tak ubahnya sebuah rumah dikampung halaman bagi seorang perantau.
tak ubahnya pangkuan bunda ketika hiruk pikuk kehidupan mencekik dan nyaris menelan kita bulat-bulat.
tak ubahnya makam dan akhirat bagi semua manusia yang pernah merantau dan yang pernah di telan bulat-bulat oleh hiruk pikuk kehidupan/ hamidah 14september2012