29 Jun 2012

blue

-->
The winter gone
And the spring has come
We withered away
And our hearts are torn from yesterday
(i’m singing my blues)
Im used to the blue tears, blue sorrow
(i’m singing my blues)
I hope u can see, im losing my grip on you
Under the same sky, at different places
Because you and I are dangerous

24 Jun 2012

wisuda dan air mata haru

kemarin sabtu 23 juni 2012, adalah hari wisuda, hari pelepasan siswa dan perpisahan yang benar-benar mengharukan. apalagi pas penutupan acara yaitu doa, sumpah aku gak berhenti menangis. aku tak percaya ternyata sudah selesai perjalanan ku di bangku SMA. masa putih abu-abu yang selama ini diidentikkan dengan masa terindah, memang benar-benar iya! SMA itu sungguh masa-masa indah, masa penuh warna, masa mencari jati diri, masa-masa seru dan.... semuanya kini telah berakhir. perpisahan singkat lewat media elektronik itu sempat ku abadikan dan inilah beberapa dari itu:
yang diatas adalah pesan dari temanku mustofa. dia yang banyak mengajariku dulu waktu intensif UN. terimakasih mustofa, sudah dengan baik hati peduli pada temanmu yang susah diajari ini, semoga kelak kau mendapatkan apa yang kau cita-citakan. amin.
yang ini aku ambil dari facebook ku. beberapa sahabatku sudah membubuhkan komentarnya. huaaa... mereka lah yang bersama-sama denganku, dalam perjuangan, dalam tawa, tangis, marah, bahagia, wah banyaaak, dan merekalah yang kusebut "tremendous".
kalau pesan diatas adalah dari munir, teman curhat yang baik. hahaha! 
dia sudah diterima di UIN maulana malik ibrahim Malang. katanya dia pengen nangis, tapi berhubung itu hari bahagia wisuda, dia gak mau nangis. hehe, malu mungkin karena dia cowok :p
sampai jumpa semua teman2ku. takkan terlupakan masa-masa indah ini! wahaaaa kita pasti akan dipertemukan kembali di peradaban yang baru :)

16 Jun 2012

dan semua akan tiba pada suatu hari yang biasa, yang telah lama kita ketahui-Tuhan akan segera membukakan tirai kebenaran, akan tampak siapa yang sungguh2 dan siapa yang hanya sibuk teriak2 mencari sensasi dunia! terimakasih kini aku jauh lebih mengerti! keep fight! mari menjadi manusia baik, karena menjadi baik ternyata tak semudah pengucapannya. akan kau petik kebahagiaan yang luar biasa ketika kau memilih menyapa daripada memalingkan muka, ketika kau memilih tersenyum ramah daripada hanya menatap dingin.

14 Jun 2012

13 juni 2012- SAKRI univ brawijaya (sindrom maba)

yes! assalamualaikum sodara! tampil lagi disini bersama saye -___-
ini tentang pengalaman pertamaku sebagai maba (baca: mahasiswa baru), sangat bahagiaaa dan bersyukuuur :)
kemaren aku abis daftar ulang, setelah berhari-hari bahkan berminggu-minggu sibuuuuuuk mintaaaa ampuuuuun ngurusin segala macem persyaratan daftar ulang mahasiswa baru. ckckck pokoknya bejibun banget deh persyaratannya. mulai dari ijazah, raport kelas satu sampe kelas tiga, rekening listrik, slip gaji orang tua, tanda bukti pembayaran spp saudara kandung, kartu keluarga, PBB, bukti pembayaran PDAM, akta kelahiran, buku diary, ukuran celana, jumlah lampu menyala dirumah, eh eh mulai deh ngawur. gak sampe segitunya kaleee.
tapi emang gila, buaaanyak banget syarat-syaratnya. aku sampe lari kesana kemari, kalang kabut ke malang balik ke kepanjen, ke rumah RT, RW, kepala dusun, kepala suku.... huuaaaah.... ya tapi over all segalanya kan emang butuh pengorbanan ya, cinta aja butuh pengorbanan hehehe.
wal hasil, 13 juni 2012 aku berangkat dari kepanjen sehabis subuh. sengaja berangkat pagi-pagi buta karena aku ogah kena macet, karena daftar ulangku barengan sama teman-teman yang lagi berjuang keras snmptn! keep fight!
walau pintu sasana samantha krida (disingkat: sakri) baru akan dibuka pukul 8, parkiran udah hampir penuh, padahal saat itu jam tanganku baru menunjukkan pukul setengah tujuh. saluuut, pada semangat semua nih.
singkatnya.....
aku ngantri panjaaaang banget kayak macetnya truk di pelabuhan merak banten, kenalan sama teman-teman baru, ketemu manusia-manusia dari seluruh penjuru negriku Indonesia, dan perkenalan yang paling aku suka adalah ini:

aku: hei, kamu prodi apa?
lupa namanya: teknik. kamu?
aku: komunikasi, oo asalnya mana?
lupa namanya: merauke, kamu?
aku: sabang.
lupa namanya: serius? *terlihat bahagia ktemu sesama perantau
aku: heheh *ketawa usil* muke gini dari sabang, enggak sih cuma biar keliatan kompakan aja sama kamu, kan kamu merauke, aku sabang. dari sabang sampe merauke gitu heheh

selanjutnya aku duduk dibangku antrian FISIP. menunggu giliran petugas mengecek berkas daftar ulangku.tentunya sambil duduk aku kenalan sama teman-teman baru yang kelak bakal satu jurusan
denganku. ada putri tara dari jember, ketemu juga sama temen smp ku laila, titis dari pasuruan, neli apa veli gitu dari kalimantan, ada anak malang sekolahan dempo, wah wah wah... buanyak banget deh. aku sampe lupa :p
pokoknya, mulai jam 8 antrian dibuka, baru pukul setengah satu siang aku dapat giliran. waaaah menggila.. aku berkarat duduk diantrian, mulai wangi sampe lusuh -___-
dan akhirnya jeng jeng jeng...
it's time for me, udah berasa kayak mau audisi indonesian idol aja, aku dan temen-temen ngerasa deg degaaaaan!!! takutnya kalo ada yang kurang sih, dan alhamdulillah.. berkasku lengkap. aku dan teman-teman lainnya pun dipersilahkan menuju ruang selanjutnya, mengambil almamater, jaket, dasi, dan topi. we are maba! ah enggak, guwe biasa aja tuh.. wek :p anti alay hahahai
setelah ngambil barang barang itu, aku langsung disambut dengan segerombol laki-laki beralmamater membawa kertas bertuliskan jurusan jurusan. kayak habis pulang dari LA gitu, lalu dijemput sama keluarga tercinta di bandara hehe ngayal.

orang (gtau namanya yg jelas kakak tingkat): jurusan apa dek jurusan apa dek?
aku: fisip
orang: nah adekku nih, sini sini, prodi apa?

kemudian aku digiring (ups digiring? giring nidji? eh berasa angsa -_-)  aku pun ketemu kakak kakak yang sibuk ngasih jadwal buat agustus mendatang. setelah itu aku masuk ke gerombolan kakak-kakak prodi fisip, disini bagian yang aku suka juga.

kakak: absen dulu dik. CP nya ditulis juga ya *senyum ramah*
aku: *ngelus dada* (beruntungnya ketemu kakak cantik nan baik, takut nya di kuliahan tuh orangnya jutek2, maklum aku masih cupu masalah ginian)
kak humas: asalnya mana dek?
aku: malang kak
kak yang lain: kenapa masuk ilkom?
aku: suka kak *senyum sok bersahabat*
kak satunya: gitu doang? *mau ketawa*
aku: ya enggak sih, katanya tokoh komunikasi "gak ada yang lebih penting dalam hidup selain kemampuan berkomunikasi dengan baik" dan lagi aku pengen cepet cari uang kak, i haven't many skill, i just can talk and speak. so i try to make it better, and i will get much money :)
semua: bagus bagus.. cinta banget ya sama duit?
aku: heheh (cuman ketawa, sebenernya pengen jawab: aku memang cintaaa banget sama duit, especially duit hasil banting tulang sendiri. pengen cepet bisa ngasilin banyak, biar bisa keliling indonesia, eropa, afrika, keliling dunia deh, sambil jadi reporter juga gapapa, malah asik tuh. amiiiin)

sekian pengalaman pertamaku sebagai maba, pulangnya aku beli barang-barang berbau jurusan di stand, sindrom maba (yakin lg sindrom?)
yeah, sampai jumpa di upacara penerimaan mahasiswa baru tgl 28-29 agustus 2012, sampai jumpa juga di tahun ajaran baru 3 september 2012. ganbatte kudasai! Buat yang masih nunggu pengumuman snmptn: yakinlah kalian lolos. kalo pun belum lolos, yakinlah bahwa menjadi kaya tidak mengharuskan mu untuk duduk di bangku kuliah dahulu. hehehe aku bener kan? bener kan?
selamat kuliah. selamat menuntut ilmu. selamat cari uang!

10 Jun 2012

Dangdut is the music of my country !

don't blame dangdut, blame the singer!!!
jaman memang semakin edan, tetua bilang "wahai anak muda, cintailah budaya bangsamu cintailah ciri khas negerimu, banggalah dengan produk Indonesia."
saya sangat sangat setuju dengan nasihat diatas barusan. pasalnya anak muda jaman sekarang udah gila sama negara orang. gak budayanya, gak cara berpakaian nya, gak musiknya, semua nya deh. Bahkan kalo ada orang yang belum pernah liburan ke luar negri, bakal dianggap jadul.
eits, tapi tunggu dulu... setuju sih setuju.. aku setuju banget kalo generasi muda musti lebih cinta sama negri sendiri, tapi tapi... coba liat deh produk Indonesia kita!
www.iniunik.web.id
so sorry, maaf kalo agak seronok. ya tapi itulah kenyataan produk indonesia masa kini spesifiknya dalam bidang permusikan. nah so? gimana anak muda gak pada lari kebirit-birit dan lebih milih pitbull, j-lo, atau yang lainnya. mungkin mereka pikir, "sama-sama bejatnya, paling gak masih good listening-an lagu manca, ya kan ya to?"
oh my God, aku menghela nafas panjang kalo udah liat para wanita diatas? tega banget sih, demi sesuap nasi mengorbankan dirinya dipertontonkan kayak gitu, lebih-lebih mereka telah ikut andil dalam upaya pembobrokan moral bangsa!!!
"mau dibawa kemana" teriak armada, bener banget, mau dibawa kemana generasi muda masa kini kalo terus-terusan dicekok-in hal-hal gak bener kayak gini.
ini sudah menodai citra musik dangdut, yang notabene musik asli indonesia.
coba liat perbedaan yang sangat sinkron antara musik dangdut masa kini dengan jaman dulu.
dangdut jaman nya camelia malik mah biasa-biasa wae, gak pake ngejingkrak-jingkrak dia tetep laku, gak pake naikin kaki ke sound system suaranya tetep oke. nah kan intinya emang jual suara, bukan jual bodi mbak mbak yang cantiik.... prihatin banget deh liatnya. sebagai seorang wanita aku ikut miris dan jijik banget, kok gak risih sih?
selain penampilan para pedangdut masa kini yang sumpah miskin kain dan ugal-ugalan, lirik lagunya pun semakin.... haduh duh... rusak stadium akhir!
kemarin tuh pas sore-sore aku liat acara musik di tv, gak sengaja yang lagi tampil di panggung adalah penyanyi dangdut pendatang baru, mukanya sih mirip donita, emang sih cuaaaantik banget, tapi lirik nya itu lhoo... YA TUHAN... gak banget sih, simak deh, masak liriknya kayak gini:

aku sayang jantungku deg-degan
waktu kamu peluk diriku
aku sayang badanku gemetaran
waktu kamu kecup keningku
1 jam saja bercumbu denganmu
1 jam saja ku dimanjakanmu
1 jam saja ku bercumbu rayu
1 jam saja bercinta denganmu
aku disentuhnya, aku dibuainya
aku diciumnya, aku dipeluknya
aku dicumbunya, aku dirayunya
1 jam saja oh mesranya
1 jam saja, 1 jam saja

INI MAKSUDNYA APAAN????????!!!!! woooy apa-apaan ini?? hellowwww... everybody....are u still okay? astaga... bener-bener deh ya..
belum lagi kalo yang dengerin lagu ini adalah anak bayi-bayi, balita, anak sd, anak smp, anak-anak deh pokoknya, apa yang pertama kali muncul di benak mereka ha? ha? ha?????????? pasti tanda tanya gede!!!!! ASTAGA..... merusaaaak sekaliiiii, aku maraaaaaaaahhhh! jelas gak terima donk!!!
oh wow, aku aja sampe melongo sendiri ngedenger lirik nya, gak salah nih lagu? huaa mengenaskan tau.
Dangdut jaman dulu, liriknya mungkin sudah berbau cinta dan kemesraan. tapi setahuku gak se-vulgar dan se-... se-apa ya, haduh haduh sumpah aku gak bisa deh ngegambarin nya, cuman bisa geleng-gelengin kepala. ckckck -.-"
(mari selamatkan generasi muda Indonesia! berantas ke gilaan iniiiiiiii, aku gak tahaaaan!!)


INDONESIAN IDOL: Febri pulang bersama With or Without You - Bisnis.com

INDONESIAN IDOL: Febri pulang bersama With or Without You - Bisnis.com

9 Jun 2012

Lomba Cerpen True Story

 

1.  Peserta
Peserta adalah muslim dan muslimah, warga negara Indonesia.
2. Menyebarkan info ini ke teman-teman yang lain (terserah lewat media apa)
3. Tema
Tema pada lomba kali ini adalah : Keluarga ( boleh tentang ayah, ibu,
adik, dsb )
4. Syarat Tulisan
a. Tulisan adalah kisah nyata (bukan rekayasa, karangan, dsb), boleh
pengalaman pribadi ataupun orang terdekat (misal adik, saudara, dsb)
b. Tulisan tidak mengandung unsur yang menyalahi agama
(menjelek-jelekkan pihak tertentu, dsb)
c. Tulisan belum pernah dipublikasikan atau diikutkan dalam lomba lain.
d. Tulisan merupakan hasil tulisan sendiri (bukan plagiat, dsb)
e. Ditulis di Microsoft Word, Font : Arial, ukuran font 11, spasi 2, Minimal 7 halaman A4, maksimal 10 halaman. Mencantumkan hikmah / faedah dari cerpen yang ditulis di bagian luar cerpen dalam satu paragraf (bukan dalam bentuk poin).
g. Mencantumkan biodata pribadi ( cukup nama, alamat lengkap, kode
pos, nomor handphone yang bisa dihubungi )
h. Naskah dikirim ke email : novriadedy@gmail.com, dengan subjek email
: lomba cerpen 1433 Nihlah Footwear.
5. Naskah paling lambat dikirim ke email tsb pada tanggal 20 Rajab 1433 H atau bertepatan dengan 10 Juni 2012.
6. GRATIS BIAYA PENDAFTARAN. (hanya butuh mengirim naskah lewat email)
7. Akan diambil tiga pemenang.
8. Hadiah
a. Juara pertama : Salah satu produk Nihlah Footwear maksimal bernilai
nominal 150.000 (atau boleh diganti dengan uang senilai 150.000) +
buku kumpulan cerpen dari lomba ini. (untuk jenis produk, ukuran, dsb
terserah pemenang. akan dikomunikasikan lebih lanjut dengan panitia)
b. Juara kedua dan ketiga : buku kumpulan cerpen dari lomba ini.
9. Ongkos kirim hadiah ditanggung oleh PANITIA.
10. Lama penjurian adalah tiga pekan.
11. Pengumuman akan dipublish di halaman facebook Nihlah Footwear
insya Allah pada tanggal 10 Sya’ban 1433 / 30 Juni 2012.
12. Keputusan juri tidak bisa diubah.
13. CP 081946393656 (SMS Only)
14. Sekretariat panitia : Jalan Tubagus Ismail 5 Nomor 77/157 D, Dago,
Bandung. 40134
***
Demikian info lomba ini. Semoga bisa mengambil banyak faedah dari
tulisan nyata teman-teman Nihlah Footwear. Terimakasih..
( Jangan lupa di “like” halaman Nihlah Footwear ya.. )

8 Jun 2012

mencari perdamaian ditengah perang badar

"aku sudah tidak pedulikanmu" sembari memalingkan muka.
"sama. kau pikir aku masih memedulikan mu.cuih" meludah
"kenapa meludah?"
"ya suka-suka. kenapa kau pedulikan aku?"
"kau meludahi ku wanita gila!"
"lantas?"
"itu menjijikkan!"
"lebih menjijikkan lagi kamu!"
"hei.. kau mulai lagi?"
"jika iya?"
"jika iya akan ku tampar kau!" menatap penuh marah.
"cuma itu?"
"akan kupasung dan kuletakkan ditengah hutan" semakin marah dan geram.
"hanya itu saja?"
"em... em....." berpikir keras mencari cara terjahat.
"haha kehabisan akal?"
"akan kubunuh kau!"
"ada lagi?"
"setelah mati akan kumutilasi tubuhmu dan ku buang terpisah. biar bangkaimu dimakan singa! lalu kau mati tak tenang, badanmu panas tak karuan, arwahmu tak diterima di alam baka!"
"sudah?"
"apa maumu? itu kurang kejam?"
"tidak. aku hanya kasihan melihatmu" wanita itu tersenyum simpul.
"ke.. kenapa kasihan?"
"karena ternyata kau belum dewasa. seperti itukah caramu memperlakukan tulang rusukmu sendiri? hanya karena sebuah masalah kecil dalam kehidupan. Kau mengenaskan sekali."

wanita itu kemudian berlalu dalam remang cahaya rembulan. malam menjadi dingin dan angin sepoi sepoi mendobrak masuk lewat sela pori-pori lelaki itu. keegoisan dan ketidak sabaran. semua hanya akan berakhir menjadi sebuah perdebatan tanpa titik temu dan solusi.
sudahlah, mari kita bersikap dewasa kawan. jabatlah tanganku dan aku juga akan menjabat tanganmu. kemudian perdamaian akan menyelimuti kehidupan kita yang sudah miskin akan ketentraman./hmdh
*Pertempuran Badar (bahasa arab: غزوة بدر, ghazawāt badr), adalah pertempuran besar pertama antara umat islam melawan musuhnya.-http://id.wikipedia.org/wiki/-

5 Jun 2012

keindahan Indonesia yang terlewatkan

liburan panjang ini membuatku jadi ngiri dan super envy kalo ngeliat gambar atau video tentang tempat-tempat rekreasi. hiiii kepengeeeen banget rasanya lari kesana sendirian, main main disana sendirian, renang, diving, liat terumbu karang, makan ikan bakar, berjemur, dan ah sayangnyaaa.. itu cuman mimpi -_____-
but no problemo, gak ada kenyataan-mimpimu boleh. akhirnya aku jadi pengen nulis nulis tentang keindahan alam Indonesia yang tanpa sengaja udah banyak dilewatkan oleh kita atau penduduk indonesia. kenapa sebagai Indonesian kita malah lebih hobi maen ke negara orang dan bangga, merasa berkelas banget kalo udah go to singapore, malaysia, thailand, japan, korea, atau juga USA. padahal gak juga kan kalo mereka-mereka yang udah sering maen kesono-sono itu udah pernah keliling indonesia. palingan juga ke raja ampat belum (sama deh kayak aku, belum pernah, hehehe)
nah! itu dia RAJA AMPAT-PAPUA, sorga nya diving! mungkin kalian pernah degar kan, ya itu dia, tempat yang pengen banget aku kunjungi sekarang setelah sebelumnya adalah TAMAN LAUT BUNAKEN. hiiiiiiii.... coba aku dapet undian liburan keliling indonesia, pasti seruuuu.
kenapa juga yang di tivi tivi sukanya bilang "liburang ke hongkooongg, liburan ke disney land....., liburan ke siniii sonoooo, sekali kali dong, BERHADIAH UTAMA LIBURAN KELILING INDONESIA SATU BULAN PENUH, DIJAMIN PUAS" hahahahha. coba deh liat gambar ini, pasti pengeeen.......hem aku sampe gigit jari.... :(

Hiiiii ngiri banget sama orang yang lagi diving di gambar itu, kapan ya aku? masak iya aku sebagai keturunan asli warga Indonesia gak pernah kesana, sedangkan Nadine Chandrawinata( mantan puteri Indonesia) yang notebene bukan keturunan indonesia tulen aja udah berkaaaali kaaaali diving dan keliling Indonesia :(. Hi... gak salah ya kalo sampe di Raja Ampat san tuh ada yang namanya "Papua Diving", yang punya resort itu adalah Warga Negara Asing, mereka lebih memilih tinggal dan menetap di Indonesia karena sudah terlanjur jatuh cinta sama keindahan raja ampat (terlanjur jatuh cinte sama duitnya juga kali ye, secara kan mereka dapet duit banyak ngediriin resort disono hehehe ampun mister).
Nah seperti yang aku bilang tadi, tempat yang pengen aku kunjungi sebelum Raja Ampat adalah Bunaken. saking ngilernya pengen kesana, aku sampe pernah tanya-tanya ke temenku yang asli sulawesi -vista rosita namanya- tentang bunaken. huuuui, dia malah cerita ke aku kalo dia udah pernah kesana, dia bilang kalo aku mau kesana nginep dirumahnya aja heheh (tuhkan udah ada jalan terang, gudlak deh!), di sana ada dinner diatas kapal yang jalan ditengah laut, wuuuuuuuaaaa mau bangeeeeet!!! ini deh aku kasi liat gambarnya


Ya Tuhaaaan, orang itu bikin aku makin gigit jari gigit kuku gigit kaki gigit kepala *loh loh bahaya*. okelah aku ngalah, sekarang boleh kamu yang asik-asikan nampang dan foto disana ditengah terumbu karang bunaken, tapi liat aja, bentar lagi dalam waktu dekat, akulah yang akan foto sambil ngakak disana dengan bangga!!!!! *tatapan sinis* hehehe kok jadinya kayak perang gini sih, biasa aja kaleeee hehe.
over all emang indonesia itu kaya rayaaaa banget, coba dong kita lirik wisata dalam negri kita, sebagai generasi muda patut banget kita memupuk kecintaan kita pada negri ini, karena kelak semua warisan ini jatuhnya ketangan kita juga kan. oke deh kalo gitu, see you at maldives ya. lho bukan! gambar yang dibawah ini bukan maldives tapi bunaken .. miripkan? makanya gak usah jauh jauh kesono hi hi hi

Raja Ampat-Papua. scuba diving on paradise

3 Jun 2012

permen sialan, permen sok tauuu


Hidup emang gak semanis permen fox’s.
Tapi hidup juga gak se-asem permen nano nano sih
Hidup itu kadang seger banget kayak permen relaxa.
Gak tahu yang mana, tergantung pilihan manusia nya
Memilih manis maka akan jadi manis juga
Memilih asam maka akan beneran terasa asam dan pahitnya
Begitu pula dibawa seger pasti juga akan terasa segar dan bahagia
Tanpa disadari, permen-permen itu telah melambangkan hidup kita para manusia 
sok tahu banget sih. kamu sih men permen kagak pernah idup! susah tauk idup itu,,, hhhuuuh!! *loh kok jadi marah2 gini endingnya?*
ini gara-gara tadi sore aku dikasi permen sama temenku, gak sengaja pas makan permen aku malah curhat panjang lebar. soalnya aku pikir mending curhat ke manusia langsung yang nyata dan jelas-jelas sohib kita, daripada musti di share dan diumbar di jejaring sosial, yang akhirnya hanya akan membuahkan makian dan cercaan. Tau gak sih, gak semua orang di fesbuk ato twitter itu baik, so pikir-pikir dulu deh kalo mau nulis status ato tweet. 
jangan mentang2 lagi sedih, galau, kumat, ato marah... kamu jadi gebrak-gebrak keyboard dan menumpahkannya pada kolom bertuliskan "apa yang kamu pikirkan?" heheh fesbuk bangeets. 
gak semua orang akan simpatik sama kesedihan dan kegalauan mu, mungkin akan lebih banyak yang merespon statusmu dengan kalimat. "penting?" atau "masalah buat gue?" atau juga "hah manusia super galau melaut!" atau bahkan "mampus lu, makan tuh! sukuriiiiinnnn" 
nah kan parah banget ya .. makanya mending ngeblog aja, yang mau liat monggo, yang gak mau gak akan masuk recent update mereka. ya to- ya kan?
eh eh kok aku malah jadi ceramah gini? tadinya mau ngatain si permen eh malah nglantur. 
ya sebel sih, gara-gara temen ku tadiii. aku curhat malah diceritain balik. tentang rasa  permen yang mirip kayak kehidupan. haduuuh.... embaaaakk... tau ah gelap -__________-

ini permen yg aku makan tadi :p

ketika ibu bicara cinta

kamu kasihan sekali.
aku tahu apa yang kau rasakan wahai anak muda.
ketika kau temukan perasaan mu berantakan, hanya ditendang dan di remukkan padahal kau berharap besar itulah masa depanku.
aku tahu apa yang kau rasakan anak muda, ibu pernah menjadi remaja.
rasanya seolah matahari tak sanggup bersinar, dia melemah seiring kamu yang menjadi luluh lantah.
kau mengumpati kenyataan yang kini tak menengok bahkan tak mengintip keberadaan mu sama sekali.
kau menikam jantung mu sendiri dengan perasaan luka yang dalam. kau rasakan kehilangan petuah. habis sudah temaram. kini seolah kau tengah berdiri dalam gelap, karena lentera sudah kehabisan minyak tanahnya.
tapi, berhentilah sebentar sayangku. hentikan sebentar sedu sedanmu, ibu hanya ingin bicara sebentar. bicara tentang masa depanmu yang masih teramat jauh, bicara tentang mimpi-mimpi hebatmu yang tak dimiliki siapapun di dunia ini, bicara tentang kekasih yang terlalu kau cintai itu.
tenanglah sayangku, kemarilah, raihlah pelukan ibu, keringkan air mata mu dalam pelukan ku.
berhentilah berpikir kekanak-kanakan, kau telah dewasa sayang, ibu tak pernah mengajarimu menjadi lemah dan manusia penuh keputus asaan seperti ini. ibu tak pernah memintamu menjadi kuat yang tahan akan segala cercaan dan makian. ibu hanya mengajarimu satu, menjadilah dewasa, menjadi dewasa, menjadilah dewasa.
berterimakasihlah padanya yang telah membiarkan sakit hati, hingga kau merasakan warna warni kehidupan. ucapkan terimakasih padanya yang telah mengenalkanmu sebuah luka dan permasalahan, hingga kelak dimasa depan, kau sudah paham dan mampu mengatasi ini, masalah yang sama.
menjadilah dewasa sayang, dia bukanlah Tuhan, dia juga bukan tujuan akhirmu.
kenapa kau tak menangis sehebat ini kala kau tak sengaja meninggalkan ibadahmu? kenapa kau biasa saja kala kau lupa membaca kitab suci?
biarkan dia pergi, dia milik wanita lain. ada wanita lain dimasa depannya, dan itu bukan kamu nak!
biarkan lelaki dengan nalurinya, jangan cegah mereka, biarkan mereka melakukan apapun sesuka hatinya. wanita hanya perlu menguatkan diri. membangun pertahanan sekokoh mungkin, untuk menghadapi perang sehebat apapun.
kita wanita, kelak kau juga akan menjadi ibu dari anak-anak mu, sama seperti ibu saat ini. tugasmu adalah taat pada suami mu kelak. namun jika dia mengkhianatimu, kau harus punya tempat pelarian dan berteduh teraman, yaitu TUHAN.
jadilah dewasa, jadilah kuat! be mature, be strong! wanita memang diciptakan dari tulang rusuk lelaki, namun tak semua lelaki mampu menjaga tulang rusuk miliknya sendiri. jadilah dewasa, jadilah mandiri, jadilah kuat!-untuk temanku yang mungkin sedang dirundung kegalauan yang melaut :p-