27 Mar 2012

wudhu

Di dalam hadis yang di sebutkan dari Dhahhak, dan Abi hurairah. Nabi SAW. Bersabda: setiap hamba laki-laki dan perempuan berwudhu kemudian ia menyempurnakan wudhu’nya dan setelah itu membaca “Innaaa anzalnaahu filailatilqodri………dst", maka setiap huruf yang di bacanya, Allah akan memberikan seratus derajat dan setiap tetesan air wudhu’ akan menjadi malaikat yang memintakan ampun kepadanya sampai pada hari kiamat. Dan bersabda pula di dalam kitab Ihya’ Ulumiddin, apabila seorang hamba tidur di dalam keadaan bersuci, maka ia akan naik  bersama ruhnya ke Arsy apabila ia bermimpi,maka mimpinya adalah benar, sebaliknya apabila bersucinya itu kurang sempurna, maka ruhnya tidak akan sampai dan mimpinya dalam tidak benar. dikutip dari: http://syahdi.alkhoirot.net/
mari berwudlu sebelum tidur kawan, jangan sibuk gosok gigi sebelum tidur doang! enak lho, bayangkan ruh kita ke Arsy, subhanaalloh/hamidah 27maret2012.tremendous!

aku anak pintar-tubuhku sehat!!!#laguanak

berita baik berita baaaaik... berkumpullah kesini kawan kawan, merapat dan dengarkan cerita bahagiaku hari ini. hehe ini blog bener-bener diary banget. but no problemo, yang aku ceritain bukan 100% rahasia ku kok, cuman diary yang menginspirasi aja wekss -.-"
hari ini, selasa, 27 maret 2012 aku bahaaaaagia sekali. tau? aku dapat peringkat delapan dalam ujian TRY OUT Ganesha Operation (tempat les ku)
waaaaaw so pasti itu bikin aku hepi banget setengah mati setengah idup. ba-yang-kan! tukang nyontek, penyamun, dan pembohong sepertiku (berlebihan, aku tidak seburuk itu hiks) akhirnya bisa mendapatkan peringkat delapan dengan hasil jerih payahku sendiri!!!!! waw! it's amazing, marvelous, tremendous, vigorous, apaan sih kayak kamus deh.
berlebihan aku senangnyaaaaa waaaah Tuhan aku tidak sebodoh yang aku kira. walaupun mungkin bagi sebagian orang yang sudah terbiasa berlaku jujur, apa yang kulakukan ini sudah dianggap biasa aja, tapi sumpaah suer bagiku enggak! ini luar biasa, diluar atmosfer, diluar galaksi, ini bukan lagi di luar negeri atau di luar bumi, ini diluar jagat raaaya, udah deh mampus aja keluar geografinya -,-"
rasanya aku pengen mengukir tanggal ini dan hari ini di batu gedeee banget dan teriak keseluruh jagat bahwa "aku bisaaaaaa!" atau aku akan mengabadikannya di sebuah museum! bahwa sesungguhnya hamidah izzatu laily bukanlah seburuk yang hamidah izzatu laily pikirkan. aku emang pinter kok, udahlah fuck what people think! yang tau kamu ya diri kamu dan Tuhan, bukan orang lain. so, don't care about people judge. selamat berjuang dilain kesempatan untuk aku, semoga pertolongan Tuhan dan keberuntungan selalu menyertaimu, alfatihah (waaaa aku bahagia sekali hari ini........)/hamidah 27maret2012

+.+


Mulai sekarang gunakanlah LOGIKA, jangan hanya PERASAAN. from: Bahjah Ayu Bakta

seperti apapun meriah dan bahagianya lagu itu, jika kau mendengarnya dalam keadaan sedih, yang akan kau lakukan adalah menangis dan terharu. from: saya sendiri

"Abis GALAU terbitlah MOVE ON" from: JuliaPerez

semenjak hari itu, aku jadi bimbang melihat orang. sepertinya semua orang hanya akan membuatku berakhir disini, dipersimpangan perbedaan. from: saya sendiri
 

Telah Habis Persimpangan

Ada apa dengan kenyataan yang beberapa hari ini seolah menjadi mimpi burukku?
Aku terbangun kemudian aku bergidik ketakutan. Bukan membayangkan yang baru saja kumimpikan namun ketakutan menatap kenyataan.
Aku seolah kehilangan sesuatu yang sudah lama menghiasi hidupku, ayah.
Ya, dia memang ayah tiriku dan dia menikahi ibuku 4 tahun yang lalu. Ternyata waktu empat tahun terasa amat singkatnya.
Seolah baru kemarin aku akur, berlapang dada, dan mau ikhlas menerima dia sebagai pengganti ayahku dirumah ini, namun kenapa ke-akur-an dan suasana hangat yang baru saja tercipta kini sudah harus hancur lebur berantakan.
Ayah bilang, dia dan ibu sudah tidak cocok. Lantas? Apa saja yang mereka berdua jalani selama empat tahun ini? apakah masih kurang dan belum cukup untuk menyamakan ketidak cocokan itu selama empat tahun? Kurasa semua manusia pasti memiliki ketidak cocokan dalam hubungannya, tapi benarkah sudah tak bisa disatukan lagi?
”Kak, ibu mau kerumah sakit lagi, kau tak mau ikut mengantarnya?’ tiba-tiba adik perempuanku muncul dari balik pintu kamarku, tanpa sebuah ketukan, yang sontok membuatku kaget dan berjingkat.
”Tidak” kujawab lirih.
”Tapi ibu minta kau yang menyopir, ibu tak enak badan” jelas adikku sembari berjalan mengahmpiriku diatas ranjang.
”Katakan pada Ibu, aku tidak mau. Sudah keluarlah, aku tak mau diganggu.”
Adikku-pun berlalu,
Aku memang sedang merasa sakit hati sekali pada Ibu. Apa dia tak tahu perasaanku? Dia pikir aku robot yang dengan gampangnya mengiyakan maunya yang ini dan yang itu? Ibu sendiri yang memilih cerai dengan ayah kandungku dulu, hingga membuat ayah jatuh sakit dan meninggal. Kini, ibuku lagi yang membuat ayah harus memilih meninggalkan nya. Hanya karena ibuku lebih memilih tetap bekerja di kantor DPRD ketimbang mengurus rumah, sedang ayah baruku tak suka wanita karier yang menuhankan pekerjaan dan meninggalkan tugasnya sebagai ibu.
Pemikiran seperti itu aku setuju, aku sebagai laki-lakipun tak mau kelak punya istri seperti itu.
Tapi yang tak habis ku pikir, kenapa orang dewasa begitu kekanak-kanakan nya mengakhiri sebuah hubungan sakral yang diikat dengan ijab kabul atas nama Tuhan? Apakah mereka tak memikirkan akibatnya? Apakah benar rasa cinta diantara mereka telah pudar hanya ditelan perbedaan dan keegoisan mempertahankan prinsip dan pandangan masing-masing? tidakkah ada jalan terang? Sudah habiskan persimpangan yang menyatukan jalan berbeda itu?
Aku masih belum bisa menerima ini semua. Aku beradaptasi dengan makhluk bernama ‘ayah baru’ itu sungguh sulitnya setengah mati, kini kala aku sudah begitu menyayangi dan mencintai sosok ‘ayah baru’ itu, semua malah berubah dan hilang tak kumiliki. Siapa yang salah disini? Manusia? Keegoisan? Perbedaan? Atau malah Tuhan yang telah menciptakan perbedaan dan perpisahan? /hamidah26maret2012

21 Mar 2012

album kenangan (part2)

yang ini foto kelasku. wuuui lebih keren lagi kan, suka banget deh liat kelasku kumpul-kumpul kayak dulu lagi. sekarang kita udah kepisah-pisah karena kelas intensif UN. hiks. tapi gak apa, jauh dimata tapi dekat dihati, kita tetap solidaritas tanpa batas kok :) hehe.
aku mau ceritain satu-satu ya temen-temen tercintaku dikelas XII IPS 2 ini. urut absen kya kawan kawaaaan, pertama adalaaah jenk jenkk...

achris : anak pendiam duduk dideret terdepan pas depan meja guru, rajin dan suka dengerin musik lewat headset yang diselipkan dibalik kerudungnya. waaa hayo achris nakal deh.
hilman atau cemol : hooobi banget tidur dikelas, dengan dalih dia gak pernah tidur karena ngaji sampe larut dipondoknya. tapi dia pinter kok bahasa arab. great mol!
malin : duduk dibelakang, dan TE (tanpa ekspresi) hehe peace, dan paling kasian banget muka nya kalo dikatain sama Pak Mishad tentang rumahnya yang dekat dengan Rumah Sakit Jiwa di Lawang.
amanda wilma : pencinta manga dan segala hal yang berbau kartun ini keren banget gambarannya. udah cantik, pinter gambar, jago basa jepang-basa inggris lagi. hmmm, great manda!
anisha atau mbol : gadis kelahiran kediri 24 oktober ini suka dikatain anak-anak wanita berkelas. bhh, barangnya branded semua. hehe, ngutang ya mbol? anaknya cuek tapi asik, kalo udah galau aduh ancur deh semua.
arizka : pacarnya anak kalimantan bernama daus ini pinter banget, terutama akuntansi. simple but interest, interest banget malaaah :*
bella : cerewet, usil, banyak tingkah, tapi sumpah sesungguhnya anaknya baik banget, ikhlas dan... seperti nya dia punya aura yang bisa memikat lelaki. hahah apaan sih.
ayu : kelahiran 1 september, masih tetangga desa denganku, dan tepatnya dia tetangga nya dendi santoso salah satu pemain arema dan timnas u-21. puienter banget dalam segala bidang, rata deh pinternya, bukan cuman di satu dua bidang pelajaran. ckckck kereen
azhar : cungkring dan sama anak-anak suka dikatain "gatot", karena itu nama bapaknya.
efi : cuantik banget, putih dan imut kecil, walau dulu pas kelas 2 sering bolos, tapi sekarang dia keliatan rajin. pinter banget kalo bidang ilmu agama. good job!
jimas : dulu pendiem sekarang cereeweet, dulu pemalu sekarang tetep pemalu hehe, tapi udah gak parah kok. pinter akuntan, dan tipe lelaki setia (kata anak-anak wek)
fajar atau om : rumahnya di dau, kalo sepedaan kayak orang kalap, pernah sampe kecelakaan juga lho padahal, pernah ngecengin adek kelas bahasa hehe, usil, menyebalkan, tapi pinter basa inggris. teman yang pengertian lah ya. haha
farah atau ucik : arab imut nan kecil, puinter SKI, teman ku paling setia ketika pelajaran sejarah dimana anak-anak pada tidur semua, hahaha ucik ucik kita ini memang murid setia pak jazuli.
farihah atau aak : gadis bali yang tomboy, masih sodara sama vide, puuuinter matematika, simple dan suka sekali sama semua hal yang berbau olahraga, pernah ikut PORSENI dan aktif banget.
Fitri : pendiam, nyantai, duduk disebrang bangku ku, tempatku meminjam sesuatu ketika aku dan nyempluk sama-sama gak punya. makaci yaa fitri!
Ghana : wanita hebat, pemberani, petualang, dan susah dijabarkan. abstrak banget dan orangnya kuuueras kepala (dia ngakuin sendiri lho), tapi buuaik sama teman. everything for teman dan juga ujub hehe.
Saya atau Hamid : gak tau, setauku aku ini cantik kayak zaskia, dan pinter kayak einstein, amiiin. wkwkw.
Ilham : nah ini dia sebuah profil yang sudah kutunggu2 ingin kuceritakan. dialah orang tersangar yang pernah kukenal. pendiam enggak, rame enggak, pengacau enggak, pengikut juga nggak. kemanapun dia selalu duduk tepat dibelakangku waktu ujian, atau gak bakal jauh-jauh deh karena absen kita deketan. aku pernah nulis ditembok waktu ujian "ilham hamid", hahah biar terkenang gitu ceritanya. dia apa adanya, pinter basa inggris, dan kalo marah serem lhoo bo. sampai jumpa kelak ilham, jangan lupa sama guwe ya :)
indi : lahir di kupang besar di jakarta sekolah di malang, begitu sih kurang lebih kata dia. simple, asik, teman berbagiku waktu ujian hehe.
khoiroh fara : manisssss banget kayak gula jawa dicampur gula merah diaduk sama gula jawa lagi, ah pokoknya manis banget anak blitar ini.
Jhaty : bos nya telat dan bolos, bahkan sampe Try Out dan ujian se-sakral UAMBN pun dia masih terlambat dan terlambat.
Miqdad : baik, cool gitu kata Mam Dewi, berpendirian kuat, jangan coba-coba menggoyahkan prinsipnya kau bisa diterkam haha.sering traktir aku ye ye yee, makasi ya
Irwan : nah ini dia pacarnya Ghana si gadis pemberani. hobinya tengkaaaar mulu sama ghana, tapi pasti baikan lagi, ckckc dasar anak muda jaman sekarang (persis sama aku juga padahal hehe)
Ima atau Nyempluk : pluuuuk, anak ini rajin lho. seimbang deh rame sama pinternya, dia yang menyemangatiku pas lagi males, teman sebangku yang baik. tremendous! semoga kelak kau berjodoh dengan danar ya, aminnn :)
Nabila atau mama : dewasa dan pengertian, wanita yang setia (kata ahdan), cuaaantik, dan gila tingkat dewa. masak di profilnya yang bakal ditulis di album kenangan dia tulis lahirnya di Los Angeles, sedangkan alamatnya Jl. Slayer, buahaaaha toooolong!
Nadiyya : ini dia temenku yang dulu pernah gak enakan sama aku, tapi sekarang udah gak kok ya kan, maafin salahku ya nad. dia cantik, tinggi banget, dulu paski. wuuui keren. katanya pengen kuliah di UIN-fikih, semoga ketrima!
Aan : ketua kelas yang nyantai dan hooobi tidur dikelas, gak ada beda sama teman sebangkunya yaitu cemols. tapi dia ganteng lho (ini objektif hehe), kata mama nya bella paling ganteng sekelas.
Sella : gadis pakisaji yang biasanya pulang naik angkot bareng aku, cantik, putih dan rajin. duduk di deret bangku terdepan sama arizka.
Vide atau Budha : simple, sukanya pura-pura marah, tapi benar-benar teman yang baik, kalo ngomong objektif gak sepihak, pengen jadi fotografer ya? waaah kereen bud.
Landa : suka banget desain interior, tipe wanita setia, tapi kuuueras kepala ckck landa-landa kamu itu naak. dan dia cantik, tinggi, mantan paskibra sekolah dan Paskot Malang. wwwwi.
Zahra : kuruuus banget, tapi cuaaantik, rajin pula, duduk dibangku paling belakang, dan dulu adalah teman mbolangku bersama ayu, sella, arizka, dkk. asik ya duulu-jadi pengen lagi.

udah deeh itu dia mereka semua, udahan ya aku capeek. semoga hubungan baik kita terus berlanjut sampai kapanpun, dunia dan akhirat deh. kalian teman-teman yang baik kawan, orang-orang spesial yang ada di masa putih abu-abu ku :) tremendous!
hamidah/21maret2012

album kenangan (part1)

Keren kaaan. taraaaa! ini dia foto kelompokku yang ntar dimasukin ke album kenangan MAN 3 MALANG tahun ajaran 2011/2012. yeeeyeee
dari kiri : agnes monica (hahah, bukan2 itu saya), hilman atau cemols, nadia cantik, sawo jimas, dan ghana nya rio (lho?).
kita foto itu hari sabtu, tanggal berapa yaa? oiya, tanggal 10 maret, 2 minggu an yang lalu deh.
susah lho minta ijin pemakaian tempat itu., lokasi nya itukan di Roof Top MATOS, nah ijinnya ribet banget. sebenernya gak ribet-ribet banget sih pas nyerahin surat ke HUMAS nya Matos, cuman yang ribet Pak Satpam nya.
tapi keren kan, hasilnya gak mengecewakan, dan gak sia-sia aku sama ghana lari pontang-panting, ngabur dari sekolah demi menyampaikan surat ijin sekolah kepada Pak Humas.
thank's teman-teman kelompokku yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng, makasih pak humas MATOS, makasih pak satpam, makasih bella-nyempluk, makasih buanyaak buat mas fotografernya (nemo)

16 Mar 2012

-.-"

aku miskin ide. aku masih belum bisa menuliskan apa-apa.
otakku penuh dengan ujian nasional, dan aku tidak bisa membaginya.

6 Mar 2012

---

aku tidak sedang belajar. aku hanya sedang menipu kenyataan. menyembunyikan kebohongan dari Tuhan dan makhluk. dengan pura-pura membaca antrian kata yang bergumpal diatas lembaran!
aku tidak benar-benar menikmati ini, karena aku sendiri yang telah menodai dan mendustai ilmu.
aku membiarkan otakku menjadi budak. dibudak keinginan dan hawa nafsu!
dimana sesungguhnya letak kebenaran dalam diriku?
Ya TUHAN..., Yang Maha Besar
Engkau lihat hambamu ini Tuhan? sibuk bertopeng dalam pandai, tidak menikmati proses, kemudian berdoa dalam harapan kosong. aku hanya ingin entah. aku bukan semata-mata ingin membahagiakan mereka kedua orangtuaku atau takut menciptakan kecewa. namun di sisi lain aku juga tak sungguh-sungguh ingin menjadi penguasa. aku tau tak sebesar itu mampuku!
aku hanya takut menjadi buruk. kemudian aku melakukan kecurangan dan ternyata aku melewati batas. tiba-tiba kudapati aku telah bertengger diposisi atas! kini, kala aku hendak turun kebawah, kenapa terasa enggan sekali? apa kata orang kala melihatku tiba-tiba dari kasta Brahma menjadi Sudra?
aku sibuk mendengar prasangka manusia! aku tidak benar-benar suka berada disini, dalam situasi ini, dengan kehidupan ku yang begini.
aku hanya terbiasa menuliskan fiksi dalam cerita mainanku, dalam karya pendekku. aku sama sekali tak berharap jiwaku-pun ikut hidup dalam ke-fiksi-an dan kebohongan. aku tak ingin berbohong dalam kenyataan, aku hanya terbiasa menciptakan inspirasi fiksi dalam otakku, yang lahir menjadi ide! ah aku benar-benar tak tahu maksudku sendiri. aku belum bisa menyimpulkan!
 Ketika politik memporak-porandakan, seni yang akan menyatukan  
dan puisi yang akan membersihkan (arswendo-budayawan)

6maret2011

masih ingatkah kamu apa yang terjadi tepat satu tahun yang lalu?
tentu. pasti kau sudah lupa. dan tak apa, aku memakluminya.
semua tentangku memang bukan sesuatu yang penting diingat.
selamat berfokus menuju masa depanmu, lets fight!

5 Mar 2012

5maret2012

5 maret 2012/03:35 pm

Kembali ke peradaban.
Setelah aku seharian penuh membolos atau bahasa halusnya melibur, sore ini aku harus kembali menuju kota malang.
Tadinya dirumah hanya makan, tidur-tiduran, nonton tv, dan tak menatap rutinitas yang membosankan. Serasa surga.
Semua manusia pasti akan merasakan kejenuhan, kejengahan, dan istilah lainnya semacam itu. Maka saat seperti itu, refresing dan penyegaran otak sangatlah dibutuhkan.
Dan jika kejenuhan dan rasa gundah, bosan dan yang sepaket dengan itu belum juga lari dalam benak dan perasaan, maka ingatlah kembali kata-kata Mario Teguh yang kurang lebih seperti ini ”anggaplah hidup ini indah, maka kau benar akan mendapatkan keindahan hidup. Anggaplah semua mudah, maka benar kemudahan akan menyambutmu.”
Right! Let it flow, mengalir kemana saja sesuai jalan takdir. Namun harus tetap dibarengi usaha dan doa. Selanjutnya tinggalah ikhtiar dan tawakkal.
/semangat mid, hidup ini hanya mampir ngopi, kata pak ustad.wkwk

teori ekonomi dalam perasaan manusia

Entah aku terlalu ilmiah, atau sok tahu, atau malah terlalu ter-sugesti pelajaran ekonomi yang akhir-akhir ini menjejali otakku? Mungkin aku terlalu percaya dengan hukum cetusan David Ricardo pada teori produksi, yang berjudul “The Law of Diminishing Return”. Hukum ini membagi tahap produksi menjadi seperti ini:

1. Produksi marjinal terus meningkat sampai maximal
2. Mulai produksi marjinal maximal sampai produksi marjinal = 0
3. Mulai produksi marjinal 0 sampai produksi marjinal negative

Jika digambar dalam grafik adalah sebagai berikut:


Atau mungkinkah aku terlalu percaya juga pada Hukum Gossen I, yang mengomentari perilaku konsumen. Dalam teorinya dikatakan ”nilai guna suatu barang/jasa jika dikonsumsi terus menerus mula-mula akan meningkat, dan secara perlahan-lahan akan menurun, dan akhirnya terjadi kejenuhan (kepuasan vertikal)”

Sebenarnya aku ini bahas apa sih, kenapa tiba-tiba menjadi sok ilmiah dan membawa-bawa teori ekonomi segala?
Sesungguhnya dan sejatinya, pikiran ini memang muncul saat aku sedang belajar ekonomi. Biasalah ya, anak kelas 3 SMA bawaan sok mantengin buku padahal nglamun hehe. Setelah kupikir, ke-dua teori tadi tak beda jauh dengan perasaan manusia, especially in terms of love and attraction.
One day, someone met someone, call they are MR.X and MRS.Y
  1. awalnya mereka bertemu dalam suasana biasa, atmosfer yang biasa, dan tentunya perkenalan biasa (disini tidak sedang bicara tentang cinta pada pandangan pertama, so anggap aja pertemuan mereka berdua awalnya flat sekali)
  2. mulailah tumbuh perasaan cinta karena terbiasa, atau karena alasan lainnya. Dan ternyata keduanya saling menyambut perasaan itu. Cinta mereka-pun terealisasikan, masih dalam hubungan pacaran.
  3. titik klimaks. Saat MR.X dan MRS.Y teramat dalam mencintai satu sama lainnya (serasa dunia milik berdua gitu deh)
  1. rasa cinta mulai pudar seiring berjalannya waktu karena sudah terlalu lama, hingga mencapai titik jenuh. Akhirnya putus deh. Dan saat seperti ini, soundtrack lagu yang paling ngena adalah:
-        versi dalam negri           : killing me inside (biarlah)
-        versi barat                    : my chemical romance (i don’t love you)

bener gak? Bener kaaaan…hahaha
so, cinta emang beda dengan drugs.
Kalo drugs dikonsumsi makin lama makin candu. Tapi kalo cinta, awalnya sih bikin candu, tapi lama-lama jenuh juga.
That’s all, itu sih pandanganku wek! Gak tau kalo yang laen. Heheee
5maret2012/saat aku sedang mainmain dirumah dan meninggalkan sejenak tentang sekolah

4 Mar 2012

suara hujan

Masih ingatkah kau, kala hujan berduyun-duyun turun dari langit.
Air menyampaikan pesan rindu dari langit pada tanah, yang tak pernah bisa berjabat.
Suara tetesnya yang menerpa jalanan, menjadikan basah kuyup tak karuan.
Hilangkan gerah aspal dari kalor dan debu
Menyapu sepanjang jalanan yang kita lalui  berdua,
dan memandikan sekujur pohon, dari ranting hingga merasuk dalam akarnya.

Aku mendengarnya
Suara derap hujan itu masih terekam rapi.
Kemudian kau dan aku berbagi hangat,
diantara dingin yang menelanjangi seluruh kota.

Masih ingatkah kau, kala hujan dan suaranya
Menjadikan kita berangan tentang masa depan.
Namun ternyata, sebelum masa depan impian itu tiba, Tuhan menggariskan yang lain dari mau kita.
Kita terpisah dipersimpangan pendapat yang berbeda. :)
4maret2012/sesaat setelah hujan berhenti menerpa atapku

Kepada Tuhan

Tuhan, aku tahu kini tengah berdiri di atas tanah yang salah.
berbaring diatas ranjang yang tak tepat. 
karena setua ini aku terlalu hafal dengan teori yang berkata "berbohong adalah dosa"
namun malah kuabaikan.

semua manusia pasti ingin melihat dosa, berikut pahala nya.
begitupula aku,  Ya Tuhan
setidaknya jika pahalaku lebih banyak satu gram saja dari dosa, aku masih bisa berhembus lega.

Tuhan, Engkau harus percaya masih ada iman di dalam dadaku.
masih ada kesungguhan tulus dalam hatiku, kala men-sujud-kan kepalaku rata dengan tanah. 
aku memang berdosa pada-Mu, pada manusia, dan pada diriku.
tapi menyudahi yang sudah kujalani kenapa begitu menyesakkan?

aku tanpa arah terus berjalan dalam lorong bisu tiada cahaya. dingin dan lembab.
benar-benar tak ada seorangpun mengarahkan ku jalan menuju rumah.
aku berkali-kali terjerembab pada jalan yang salah, dan tersandung dalam gelap.

Tuhan, percayalah padaku aku masih memiliki iman dalam dadaku.
aku tidak pernah menduakan-Mu, Tuhan.
aku sepenuh hatiku menyembah-Mu dan tak pernah terlintas untuk menyekutukan Engkau.
aku sepenuh hatiku menyerahkah diriku, karena akulah milik-Mu yang akan kembali pada-Mu
aku berusaha ber-iman dan tak pernah terpikir menjadi kafir.
aku takut akan dosa, aku sama seperti lainnya.
aku bertamak pada pahala, tak berbeda pula dengan hambamu disana.

Ya Tuhanku, harus minta pada siapa lagi-kah aku?
manusia, hanyalah sama dengan diriku, tak punya kuasa dan wewenang.
mereka takkan tahu apa yang kurasakan,
yang Maha Tahu hanyalah Dirimu Ya Tuhan.
tentang segala yang menyelinap dibalik hatiku dan entah berbentuk apa itu.
kegelisahan dan ketakutan.

benarkah Kau marah besar Ya Rabbi?
benarkah tiada ampun lagi untukku?
semurka itukah Kau Ya Allah?
benarkah tiada guna aku berpuasa dan berdoa?
benarkah ibadahku bernilai NOL dalam pengadilan-Mu kelak?
benarkah semua amalanku hanya akan mendamparkanku di pantai kemurkaan?
menjebloskanku dalam neraka terbawah?
melemparku dalam lelehan api mendidih?
seburuk itukah nasibku kelak di akhirat? setragis itukah Tuhan?
aku belum bisa berhenti dari berbuat dosa, aku memang jauh dari sempurna.
mungkin aku bukan hamba yang Kau harapkan.

(Selama apapun, akan kutunggu jawaban atas tanyaku./4 maret 2012) 

bukankah aku sedang berdongeng dan cerita? kini kisah kancil sudah menua ditelan zaman, maka aku mendongengkan kisahku sendiri. bahwa semalam aku dirundung duka.
Tuhan membuka luka baru diantara luka lama.
menunjukkan aku sebuah ketidaktampakan yang nyata.
masih haruskah aku mengobatinya, jika ini sudah memasuki stadium akhir.
detik-detik pencabutan nyawa sudah merangkak mendekap.
kurasa biarkan saja, mengalir begitu adanya.
bagaikan pil sudah tak berguna, satu-satunya jalan adalah amputasi dan habis sudah perkara.

selama ini aku tengah memperjuangkan kebodohan.
berjihad ditanah tandus tak mau gembur, percuma diguyur hujan, bahkan dia tetap stagnan kala pasang atau direndam banjir setinggi lutut dan pinggang.
keegoisan atau kemurkaan?
memahami jenismu memang tak semudah menyembul doa dalam pinta pada Tuhan./4 maret 2012
suatu hari aku melewati taman, kulihat setangkai bunga segar berkelopak jingga sedang dimanjakan sang kumbang. interkasi penuh diam, yang bahasa nya-pun tak ku tahu.
Esoknya aku melintasi taman lagi, kulihat sebatang bunga masih ada disana, namun berbeda seperti pemandangan sebelumnya, kini ia seorang diri tanpa kumbang disampingnya.
warna jingga di kulitnya menjelma hitam pekat seperti warna baju pelayat. mungkinkah sang bunga berkabung karena kumbang mati dalam perjalanan nya sore lalu?/29 februari 2012, kabisat