3 Okt 2011

lampu


Bagaimana bisa seorang ilmuwan menciptakan lampu? Bagaimana bisa terlintas dipikirannya sebuah alat penerang -di malam hari khususnya- yang sama terang dengan api. Bisa tahan lebih lama, jauh lebih praktis,dan lebih aman daripada api, yang umumnya dinyalakan diatas sumbu minyak tanah, atau diatas kayu.
Aku memikirkan ini karena lampu kamarku yang baru saja diganti. Awalnya lampu kamarku terang banget, pokoknya nyaman deh buat belajar dan aktivitas lainnya dalem kamar. Tapi tadi sore sepulang sekolah mendadak lampuku meredup bahkan kedip-kedip kayak lampu disko, waah udah brasa hugo’s cafe gitu hahaha.
Lalu mbakku minta aku ke warung beli lampu baru, tapi kualitasnya lebih rendah dibanding lampu lamaku, walhasil kamarku jadi redup deh sekarang. Hah.... males banget dikamar, mau belajar males, mau nulis males, mau ngapai-ngapain malesss. Nggak ada semangat kalo lampu kamarku gak terang, hehehe banyak maunya dan banyak alasan banget ya.
Jaman dulu, gimana ya orang-orang aktivitas kalo malam hari? Masak mereka musti raba-raba kalo mau nyari sesuatu? Ya emang sih udah ada lampu minyak, obor dan lain sebagainya, tapi kan ke-terangan-nya gak menjangkau seluruh sudut ruangan. 
Ibuku pernah cerita, katanya dulu pas di desanya masih belum kejangkau listrik, ibuku kalo belajar malam hari musti pakek lampu minyak. Dan belajar malam hari itu gak boleh lama-lama, tau alasannya....? karena lampu yang digunakan akan menghabiskan minyak, sedangkan minyak mahal. Ckckckc, parah ya jaman dulu. Coba aku hidup dijaman dulu, bakal gak belajar aku tiap malam. Mendingan buru-buru tidur aja daripada harus baca buku ditemani lampu remang-remang, sambil nyipitin mata karena gak jelas tulisannya. Alhamdulillah ya (kata syahrini), alhamdulillah aku tinggal dimasa sekarang, yang serba pas banget. Patut dan musti disyukuri tuh, betul kan?

27 september 2011. selasa
Sekarang mati lampu

1 komentar:

  1. kita mesti bersyukur krn hidup di jaman teknologi sudah begitu maju sehingga memudahkan aktivitas sehari2..

    BalasHapus

BIG BIG thanks to you :)) silahkan beri komentar dan berkunjung kembali kawan. *hamidahsemi*